KURIKULUM SMA TRENSAINS TEBUIRENG


Kurikulum SMA Trensains Tebuireng  yang selanjutnya disebut “kurikulum semesta” merupakan unifikasi dari kurikulum nasional (kurikulum 2013), kurikulum Muatan Kearifan  Pesantren Sains (MKPS), dan kurikulum internasional (Cambridge Curriculum). Kurikulum Semesta merupakan kurikulum yang dikembangkan oleh tim pengembang kurikulum SMA Trensains Tebuireng bersama penggagas Trensains dan Tim pengembang kurikulum dari FMIPA UNESA.  Secara umum bahwa kurikulum semesta merupakan hasil adapt-adop dari ketiga kurikulum tersebut,  dimana kurikulum semesta menitikberatkan pada pemahaman Al-Qur’an pada setiap aktivitas pembelajarannya.

Kompisisi mata pelajaran pada kurikulum semesta yang diterapkan di SMA Trensains terdiri dari dari tiga kelompok yaitu kelompok mata pelajaran utama, kelompok mata pelajaran tool of trensains, dan kelompok mata pelajaran additional  sebagaimana ditunjukkan pada gambar berikut ini:


Gambar 1  Komposisis mata pelajaran pada kurikulum

semesta SMA Trensains Tebuireng

Mata pelajaran utama merupakan mata pelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum nasional yang berlaku (sesuai peraturan perundang-undangan) yang diadaptasi dan diadopsikan dengan gagasan besar  konsep Trensains, sedangkan kelompok mata pelajaran tool of trensains  yang kemudian disebut Mata Pelajaran Muatan Pesantren Sains (MPKPS) antara lain:

a.      Al Qur’an dan Sains (ALS)  yang memuat tauhid asas sains, sains dan problem ketuhanan, agama dan sains, serta perbandingan sains islam dan sains barat.

b.      Filsafat  sains

c.       Astrofisika

d.       ilmu falaq

e.      Ulumul Qur’an dan hadist

f.        Tafsir ayat-ayat kauniyah

g.      Bahasa arab

h.      Ushulul Fiqh

 Kelompok mata pelajaran additional merupakan kelompok mata pelajaran CIE (Cambridge International Examination) yang akan distandarisasi melalui standar internasional dengan tujuan untuk menyelenggarakan pendidikan nasional berwawasan global. Adapun mata pelajaran pada kelompok ini yaitu: mathematics, physics, biology, chemistry, dan english. Komposisi mata pelajaran Kurikulum  Semesta sebagaimana diatas,  dirancang sedemikian rupa sehingga santri diharapkan mampu menguasai tool ilmu dasar seperti Bahasa Arab, Ulumul Qur’an, Ulumul Hadist, Filsafat dasar, dan kedepan dihapakan mampu menjembatani fungsi Trensains yaitu 1) menyiapkan tenaga peneliti ilmiah profesinal dengan berbagai macam disiplin ilmu pengetahuan, 2)  menyiapkan tenaga peneliti ilmiah professional sebagai wahana untuk mengungkap rahasia yang ada dalam ayat-ayat kauniyah, mengembangkan bidang penelitian ilmiah.