KEGIATAN TUTORIAL BAHASA ARAB SMA TRENSAINS TEBUIRENG


Ustadz Hanif Fathoni (alumni Gontor sekaligus guru senior Pesantren Tebuireng),  Pakar Bahasa Arab dan Inggris  siap mengabdikan diri di Pesantren Tebuireng 2. Mengingat dua bahasa tersebut merupakan bahasa yang wajib sebagai bahasa komunikasi dan bahasa kajian dalam Pesantren Tebuireng 2, maka perlu adanya standarisasi bahsa asing dikalangan asatidz dan para santri Pesantren Tebuireng 2.
Standarisasi bahasa  untuk santri dilakukan melalui kegiatan English Camp, Arabic Camp, dan English and Arabic Up-Grading. Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan kegiatan inovasi dalam rangka untuk meloncatkan kemampuan berbahasa asing dikalangan santri, sedangkan dikalangan asatidz dilakukan pembekalan secara intensif dari para pakar bahasa.
Menurut beliau (ust. Hanif) bahasa asing merupakan tool of  Trensains  sebab kedepan  santri Trensains diharapkan mampu mengkaji sumber-sumber buku berbahasa arab dan inggris, dengan bekal bahasa asing yang baik dan nalar terhadap ayat-ayat kauniyah yang baik, beliau yakin Trensains akan menjadi sekolah loncatan yang pada akhirnya mampu mencetak alumninya sebagai ulama sekaligus ilmuwan. (Admin_trens).