Menteri Pendidikan Nasional Siap Meresmikan SMA TRENSAINS TEBUIRENG

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  (Prof. Dr. Ir. KH. Mohammad Nuh, DEA)  sabtu depan dijadwalkan meresmikan  SMA TRENSAINS TEBUIRENG. Acara peresmian ini, selain dihadiri oleh menteri pendidikan menteri pendidikan dan menteri agama juga akan dihadiri oleh  rektor ITS, Unesa, Unair, UIN Malang, UMM, IAIN Surabaya, UNSURI, dan lain sebagainya. Dalam acara tersebut turut hadir beberapa instansi pemerintah dan swasta yang siap mendukung berdirinya SMA TRENSAINS TEBUIRENG sebagai lembaga yang mendorong berkembangnya sains dikalangan para santri.
SMA TRENSAINS TEBUIRENG   adalah lembaga pendidikan yang  digadang-gadang sebagai proyek peradaban, sebab lembaga ini didesain khusus dan berkosentrasi pada sains yang berbasis pemahaman dan nalar ayat-ayat semesta. Trensains (Pesantren Sains) adalah konsep sekolah yang tidak menggabungkan materi pesantren dengan ilmu umum sebagaimana pesantren modern. Trensains mengambil kekhususan pada pemahaman al Qur'an, al Hadist dan Sains kealaman (natural science) dan interaksinya.  Poin terakhir, interaksi antara agama dan sains merupakan materi khas Trensains yang tidak ada pada pesantren modern.
Bagi santri Trensains, kemampuan bahasa arab dan inggris menjadi prasyarat dasar, selain para santri juga dituntut mempunyai kemampuan nalar matematik dan filsafat yang memadai. proyeksi kedepan bagi para alumni TRENSAINS adalah ilmuwan sains kealaman, teknolog, dan dokter yang mempunyai basis al qur'an yang kokoh.
 Apa keunggulan SMA Trensains Tebuireng?
1.     Menggunakan sistem kredit semester (SKS)
2.     Menerapkan 3 kurikulum sekaligus (kurikulum Adaftif) yaitu: kurikulum internasional, kurikulum nasional, dan kurikulum kearifan pesantren.
3.     Memiliki Konsultan Ahli yang berkompeten dibidangnya yaitu Agus Purwanto, D.Sc dosen ITS alumnus Universitas Hirosima Jepang beliau adalah penulis buku AAS (ayat-ayat semesta) dan NAAS (nalar ayat-ayat semesta) yang mengupas interaksi antara ayat-ayat kauniyah dengan sains kealaman dan Prof. Dr. Suyono, M.Pd dekan FMIPA UNESA.
4.     Kegiatan pembelajaran mengedepankan pemahaman ayat-ayat kauniyah yang bersumber dari al Qur'an dan al Hadist
5.     Memiliki Program Arabic Camp dan English Camp yang dibina oleh tutor yang berpengalaman
6.     Memiliki  Program FISMAT Camp (Fisika dan Matematika) yang dibina langsung oleh Agus Purwanto, D.Sc. program ini merupakan program matrikulasi sebagai basic pengetahuan untuk santri yang lolos seleksi sebelum masuk pembelajaran utama.