Kuliah Umum: Trensains Semakin Eksis dengan Wolfram bersama Ustadz Agus Purwanto, D.Sc

Pagi ini (23-11-2014) santri SMA Trensains mendapatkan kuliah umum dari Ustd. Agus Purwanto, D.Sc dengan topik "Mendobrak Kalkulus dengan Wolfram". Penguasaan  matematika Wolfram merupakan prayarat sebelum para santri memahami pola-pola interaksi antara Al Qur'an dan Sains. Kemahiran dalam bidang Sains merupakan tujuan dari Trensains, tidak hanya itu pola-pola interaksi dengan ayat-ayat kauniyah merupakan target lulusan trensains. Sehingga cita-cita terwujudnya ulama sekaligus ilmuwan akan benar-benar terealisasi di dunia islam, terutama dikalangan santri Pesantren Tebuireng.
Dengan penguasaan matematika Wolfram dikalangan para santri, akan membantu mereka untuk merenungi alam semesta, sebab matematika merupakan Tool of Science. karena dengan  merenungi kejadian-kejadian  alam semesta, berarti santri sedang mempelajari Biologi, Fisika, Kimia, Geografi dan Astronomi, dan sejatinya santri  tersebut sedang memahami pikiran, keagungan dan kehadiran sang Maha Pencipta, Allah Swt.
Pada umumnya, matematika dipandang menakutkan bagi sebagian besar pelajar di Indonesia, tetapi tidak untuk di Trensains, dengan kehadiran wolfram dan didukung penguatan nalar para santri akan menjadikan mereka santri-santri yang kuat dalam bidang matematika.
Selain mahir dalam bidang matematika, bagi santri Trensains Tebuireng ada empat syarat dasar yang harus disiapkan yaitu kemampuan bahasa Arab dan Inggris,   kemampuan nalar matematik, dan filsafat yang memadai, karena sebagian besar pembelajarannya  menggunakan bahasa Arab-Inggris, selain menu utama sehari-hari menuntut para santri untuk berpikir secara kritis dan mendalam.  Proyeksi alumni SMA Trensains Tebuireng  adalah lahirnya Ulama AAS (Ayat Ayat Semesta) yang memiliki spesialisasi dibidang sains kealaman, teknolog dan dokter yang mempunyai basis al-Quran, kedalaman filosofis serta keluhuran ahlak.
Dengan demikian,  Mimpi melahirkan para “Saintis Muslim” yang jujur dan bermoral sudah semakin dekat kita wujudkan. Hal itu karenaTrensains sudah ada di hadapan kita. (abdul-trens)