B-UP, SOLUSI MENGATASI KETERTINGGALAN DARI OECD

Kemampuan membaca dan matematika siswa di Indonesia ternyata masih  rendah, hal Ini berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan The Program for International Student Assessment (PISA), terhadap kemampuan membaca dan matematika siswa. Siswa Indonesia disebut masih ketinggalan sekitar tiga tahun dari tingkat rata-rata negara OECD. PISA melansir data lebih dari 50 persen anak Indonesia berusia di atas 15 tahun tidak menguasai ketrampilan membaca, dan matematika yang mendasar (jpnn.com).

Kemampuan membaca berhubungan dengan minat dan kebiasaaan membaca. Setiap siswa dituntut untuk memiliki minat dan kemampuan membaca yang baik, karena besarnya manfaat membaca bagi seseorang. Peningkatan kemampuan membaca juga menjadi perhatian serius SMA Trensains Tebuireng, setiap santri harus memiliki ketrampilan membaca, karena mereka menjadi ujung tombak dalam meneruskan dakwah dimasa depan.
Santri SMA Trensains adalah santri yang dicetak sebagai seorang ulama sekaligus ilmuwan, oleh karena itu wawasan agama, sains, maupun bidang yang lainnya merupakan suatu keharusan yang dimiliki setiap santri Trensains. Upaya untuk peningkatan ketrampilan membaca dikalangan para santri terangkum dalam kegiatan B-UP (Books Upgrading). B-UP merupakan kegiatan wajib baca bagi setiap santri Trensains. Setiap santri diharuskan mengakses perpustakaan sekolah, melakukan aktifitas baca, dan membuat rangkuman apa yang telah dibacanya.

Untuk mengukur apa yang dibaca oleh santri, pihak sekolah menugaskan setiap guru pembimbing akademik (PA) untuk mengawal pelaksanaan B-UP. Selain itu, untuk mengukur ketercapaian santri, sekolah membuat alat evaluasi yang diujikan pada tiap akhir semester. Hasil dari kegiatan tersebut kemudian dievaluasi dan dilaporkan kepada wali santri. Selanjutnya, setiap santri yang memilki hambatan pemahaman dalam membaca akan didampingi oleh guru pembimbing. Mereka akan diajarkan kiat-kiat cara membaca efektif, cara membuat rangkuman, dan mempresentasikan hasil bacaan mereka.  Dengan demikian, Program B-UP yang dicanangkan oleh SMA Trensains akan mengurangi prosentase ketertinggalan bangsa ini dari negara-negara OECD. (penulis: Abdul Ghofur).