PROFIL SMA TRENSAINS TEBUIRENG

PROFIL 
SMA TRENSAINS TEBUIRENG  (PESANTREN SAINS)
Oleh: Ust. Abdul Ghofur
A.     Profil
SMA Trensains (Pesantren Sains) Tebuireng merupakan  salah satu unit pendidikan  di Pesantren Tebuireng yang didirikan  pada tahun 2014 oleh Dr. (HC). Ir. KH. Salahuddin Wahid  (Pengasuh Pesantren Tebuireng)  hasil kerja sama  dengan KH. Agus Purwanto, D.Sc   penggagas konsep Pesantren Sains (Trensains)  yang sekaligus ilmuwan di bidang fisika teoritik dari ITS Surabaya.
Pesantren sains (Trensains) adalah sebuah konsep pesantren yang disintesakan dengan Sekolah Menengah Umum yang bertujuan untuk mengkaji sains kealaman secara mendalam, baik melalui pembelajaran,  penelitihan ilmiah maupun percobaan-percobaan ilmiah yang mengacu pada ayat-ayat kauniyah.
Trensains (Pesantren Sains) adalah konsep sekolah yang tidak menggabungkan materi Pesantren dengan ilmu umum sebagaimana pesantren modern. Trensains mengambil kekhususan pada pemahaman Al Qur'an,  Al Hadist , dan Sains kealaman (natural science) serta interaksinya. Poin terakhir, interaksi antara agama dan sains merupakan materi khas Trensains yang tidak ada pada pesantren modern.
SMA Trensains Tebuireng merupakan lembaga pendidikan yang mengimplementasikan  pemikiran (gagasan)  KH. Agus Purwanto, D.Sc   dalam wacana perkembangan islamisasi ilmu kontemporer dengan menempatkan ayat-ayat al Qur’an sebagai sumber ilmu pengetahuan (epistemologi ilmu).  Sedangkan  pemgembangan kurikulum SMA Trensains diarahkan agar dapat memfasilitasi gagasan tersebut pada tataran  implementasi, serta diarahkan agar dapat mewujudkan amanat undang-undang sebagimana yang tercantum dalam Undang-undang Nomor 20 tahun 2003.
Tenaga pendidik SMA Trensains Tebuireng terdiri dari lulusan strata satu (S-1)  dan magister  (S-2) yang mayoritas berasal dari PTN (Perguruan Tinggi Negeri), semua tenaga pendidik tersebut mendapatkan bimbingan lanngsung dari  penggagas Trensains yaitu KH. Agus Purwanto, D.Sc Alumni Universitas Hirosima Jepang yang sekaligus ilmuwan bidang  Fisika Teoritik dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, sedangkan dalam bidang pengembangan pembelajaran,  seluruh tenaga pendidik SMA Trensains Tebuireng juga mendapatkan bimbingan langsung dari Konsultan Ahli bidang kurikulum  yaitu  Prof. Dr. H. Suyono, M.Pd.  dekan Fakultas MIPA Universitas Negeri Surabaya.

B.     Tujuan
Secara umum bahwa tujuan pelaksananaan pendidikan di SMA Trensains Tebuireng yaitu  meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlaq mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, namun secara lebih rinci SMA Trensains memiliki tujuan khusus sebagai berikut:
  1. Meningkatkan wawasan para santri  melalui pengkajian yang mendalam, penelitian ilmiah, dan percobaan-percobaan  ilmiah.
  2. Meningkatkan ketrampilan para santri dalam bidang bahasa, pemanfaatan ilmu fisika, kimia, biologi, astronomi, dan sebagainya, dalam rangka memahami dan membuka rahasia-rahasia alam semesta.
  3. Meneguhkan sikap akan kemaharajaan Allah SWT yang telah menciptakan alam semesta beserta seluruh isinya melalui pendekatan fisika, kimia, biologi dan ilmu pengetahuan lainnya, sehingga para santri  paham dengan benar bahwa Allah SWT menciptakan segala sesuatu tanpa sia-sia, seluruh makluk bermanfaat bagi yang lain dan merupakan sinergitas yang sangat harmonis dan padu.

C.      Kurikulum
Kurikulum SMA Trensains Tebuireng  yang selanjutnya disebut “kurikulum semesta” merupakan unifikasi dari kurikulum nasional, kurikulum muatan kearifan  pesantren sains (MKPS), dan kurikulum internasional (Cambridge Curriculum). Kurikulum Semesta merupakan kurikulum yang dikembangkan oleh tim pengembang kurikulum SMA Trensains Tebuireng bersama penggagas Trensains dan Tim pengembang kurikulum dari FMIPA UNESA.  Secara umum bahwa kurikulum semesta merupakan hasil adapt-adop dari ketiga kurikulum tersebut,  dimana kurikulum semesta menitikberatkan pada pemahaman al Qur’an pada setiap aktivitas pembelajarannya.
Kompisisi mata pelajaran pada kurikulum semesta yang diterapkan di SMA Trensains terdiri dari dari tiga kelompok yaitu kelompok mata pelajaran utama, kelompok mata pelajaran tool of trensains, dan kelompok mata pelajaran additional  sebagaimana ditunjukkan pada gambar berikut ini:


Gambar 1  Komposisis mata pelajaran pada kurikulum
semesta SMA Trensains Tebuireng
Mata pelajaran utama merupakan mata pelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum nasional yang berlaku (sesuai peraturan perundang-undangan) yang diadaptasi dan diadopsikan dengan gagasan besar  konsep Trensains, sedangkan kelompok mata pelajaran tool of trensains  yang kemudian disebut mata pelajaran muatan pesantren sains (MPKPS) antara lain:
a.       Al Qur’an dan Sains (ALS)  yang memuat tauhid asas sains, sains dan problem ketuhanan, agama dan sains, serta perbandingan sains islam dan sains barat.
b.      Filsafat  sains
c.       Astrofisika
d.      ilmu falaq
e.       Ulumul Qur’an dan hadist
f.        Tafsir ayat-ayat kauniyah
g.      bahasa arab
h.      ushulul Fiqh
 Kelompok mata pelajaran additional merupakan kelompok mata pelajran CIE (Cambridge International Examination) yang akan distandarisasi melalui standar internasional dengan tujuan untuk menyelenggarakan pendidikan nasional berwawasan global. Adapun mata pelajaran pada kelompok ini yaitu:
a.       Mathematics
b.      Physics
c.       Biology
d.      Chemistry
e.       English
Komposisi mata pelajaran Kurikulum  Semesta sebagaimana diatas,  dirancang sedemikian rupa sehingga santri diharapkan mampu menguasai tool ilmu dasar seperti Bahasa Arab, Ulumul Qur’an, Ulumul Hadist, Filsafat dasar, dan kedepan dihapakan mampu menjembatani fungsi Trensains yaitu 1) menyiapkan tenaga peneliti ilmiah profesinal dengan berbagai macam disiplin ilmu pengetahuan, 2)  menyiapkan tenaga peneliti ilmiah professional sebagai wahana untuk mengungkap rahasia yang ada dalam ayat-ayat kauniyah, mengembangkan bidang penelitian ilmiah.

D.     Profil Lulusan
Profil lulusan Trensains tebuireng antara lain:
1.       Fasih membaca Al Qur’an  dengan hafalan beberapa ayat-ayat pilihan (kauniyah),
2.       Lancar berbicara dalam bahasa inggris dan memiliki skor TOEFL,
3.       Lancar berbicara dan membaca Teks Arab,
4.       Menguasai sains dan memahami interaksi antara agam dan sains.
Selain itu SMA Trensains Tebuireng memproyeksikan para alumnusnya sebagai ilmuwan sains kealaman, teknolog, dan dokter yang mempunyai basis al Qur’an yang kokoh.