MPKPS: Muatan Kearifan Pesantren Sains

Muatan lokal  yang dikembangkan oleh SMA Trensains merupakan keunggulan daerah Jombang sebagai kota  santri.Pesantren Tebuireng didirikan oleh KH. Hasyim Asy’ari pada tahun 1899, di dusun Tebuireng, Cukir, Jombang. Lembaga pendidikan yang tersedia saat ini adalah SMP A. Wahid Hasyim, MTs Salafiyah Syafi’iyah, SMA A. Wahid Hasyim, Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah, Mu’allimin dan Ma’had Aly Hasyim Asy’ari.
Menyadari akan pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi, didukung oleh keinginan luhur untuk menggali, menafsirkan dan menerapkan ayat-ayat kauniyah yang ada di dalam al Qur-an. Pesantren Tebuireng  menghadirkan institusi pendidikan yang baru, yang diberi nama Trensains. Trensains adalah kependekan dari pesantren sains dan merupakan sintesis dari pesantren dan sekolah umum bidang sains. Trensains tidak menggabungkan materi pesantren dan ilmu-ilmu umum sebagaimana pesantren modern. Trensains mengambil kekhususan pada pemahaman al Qur-an dan al Hadits, sains kealaman (natural science) dan interaksinya. Poin terakhir, interaksi antara agama dan sains merupakan materi khas trensains dan tidak ada dalam pesantren lain.
Konsep ini merupakan inovasi Pesantren Tebuireng dalam mencetak santri sebagai generasi yang memegang teguh Al Qur’an, mecintai dan mengembangkan sains, dan mempunyai kedalaman filosofis keluhuran akhlaq.
Adapun Muatan Kearifan Pesantren Sains (MPKPS) tersebut terangkum pada mata pelajaran berikut ini:
1.    Bahasa Arab
2.    Al Qur’an dan Sains (ALS)
3.    Filsafat Sains
4.    Ilmu Falaq
5.    Astrofisika
Mata pelajaran tersebut adalah mata pelajaran dasar yang bertujuan untuk mengkaji ayat-ayat kauniyah yang ada di dalam Al Qur’an dan bertujuan untuk menberi pemahaman tentang kesesuaian antaran Al Qur-an dengan sains.
Berikut ini adalah penjelasan muatan lokal SMA Trensains tebuireng yang terangkum dalam Kelompok Mata Pelajaran Muatan Pesantren Sains (MPKPS):
PENGORGANISASIAN MPKPS
Mata pelajaran adalah unit terkecil dari Kompetensi Dasar. Untuk kurikulum SMA TRENSAINS TEBUIRENG, organisasi kompetensi dasar dilakukan dengan cara mempertimbangkannya dengan visi,  misi, dan tujuan sekolah yang intinya diarahkan pada profil lulusan yang memiliki kompetensi di bidang sains dengan landasan al Qur’an yang kuat serta memiliki landasan filosofis yang tinggi. Kemudian kompetensi dasar tersebut diikat dengan serangkaian rumusan dalam standar kompetensi.
Kompetensi dasar pada MPKPS (Kelompok Mata Pelajaran Kearifan Pesantren Sains) diorganisasikan atas dasar kebutuhan lembaga untuk mengajarkan tool of trensains agar dapat menghasilkan lulusan yang mencintai al Qur’an dan sains, yang pada akhirnya lulusan tersebut dapat diproyeksikan menjadi seorang tegnolog, dokter, dan peneliti yang memiliki landasan al Qur’an yang kuat. Selanjutnya kelompok mata pelajaran kearifan pesantren tersebut merupakan kelompok mata pelajaran utama  dan memiliki peran penting dalam mensukseskan visi, misi, dan tujuan sekolah.