PENGGAGAS TRENSAINS KEMBALI MENYAMPAIKAN KULIAH UMUM



Smatrensains.sch.id. Sabtu (4/3/2017) SMA Trensains Tebuireng kembali melaksanakan kegiatan kuliah umum untuk para santri. Kegiatan kuliah umum kali ini langsung dipandu oleh penggagas Trensains KH. Agus Purwanto, D.Sc. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh santri, guru dan pembina dan bertempat di Masjid “Salahuddin” SMA Trensains Tebuireng.

Seperti biasanya kegiatan kuliah umum diawali dengan penyampaian motivasi kepada para santri Trensains/Pesantren Tebuireng 2. Motivasi kali ini ditujukan khusus kepada santri kelas XII yang sebentar lagi lulus. Untuk memotivasi para santri, beliau menyampaikan adanya peluang beasiswa program Pendididikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU). Beasiswa ini ditujukan bagi lulusan sarjana (S1) terbaik (fresh graduate) di tanah air yang ingin menjadi dosen dengan menempuh pendidikan hingga doktor (S3) selama empat tahun, dimana beliau merupakan salah satu dosen yang memiliki kewewenangan untuk menseleksi calon mahasiswa tesebut terutama pada jurusan fisika.

Informasi tersebut disampaikan, agar calon lulusan Trensains dapat mengambil peluang beasiswa PMDSU kaitannya dengan cita-cita pendirian Universitas Trensains kedepan. Dan untuk memotivasi santri (kelas X dan XII) beliau memaparkan pengalamannya saat mengikuti acara Conference on 90 Years of Quantum Mechanics di NTU Singapura pada bulan Januari kemarin, begitu pula pengalaman lain saat mengunjungi sebuah sekolah Islam di Singapura yang ternyata pendirinya adalah orang Surabaya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemutaran film “Peluncuran Teleskop Hubble”. Film ini bertujuan memberikan wawasan para santri tentang kegiatan para ilmuwan yang patut dicontoh oleh santri Trensains kedepan. Diakhir sesi beliau melangsungkan dialog interaktif yang dibalut dengan suasana kehangatan dan keakraban  bersama para  santri, terutama dialog yang  berkaitan dengan  persiapan kelulusan santri tahun pertama, hal-hal yang lain terkait misi besar Trensains, dan pemaparan pengalaman-pengalaman beliau disaat masih SMA serta pengalaman pada saat mempersiapkan diri untuk kuliah.

Gus Pur begitu sapaan akrab KH. Agus Purwanto D.Sc. selain aktif memberikan kuliah umum dan mengawal kegiatan tahajud fisika untuk para santri, beliau juga aktif membimbing para asatidz baik dalam kegiatan ToT maupun kegiatan pembinaan khusus. Pembinaan khusus yang dimaksud adalah pelatihan materi laboratorium AAS yang diikuti oleh sekolah-sekolah yang menerapkan konsep “pesantren sains/Trensains” yaitu SMA Trensains Tebuireng Jombang, SMA Trensains Tebuijo Sragen, dan Madrasah Muallimin Jogjakarta.

Semua kegiatan yang dikembangkan baik untuk santri maupun asatidz bertujuan untuk mensukseskan tujuan pendirian Trensains yaitu 1) menyiapkan tenaga peneliti ilmiah profesinal dengan berbagai macam disiplin ilmu pengetahuan, 2) menyiapkan tenaga peneliti ilmiah professional sebagai wahana untuk mengungkap rahasia yang ada dalam ayat-ayat kauniyah, mengembangkan bidang penelitian ilmiah dalam jangka panjang.
.....................................................................................................................................................................
Pewarta :  A Ghofur


BACA JUGA:  TAHAJUD FISIKA: GERAKAN MEMBUMIKAN AYAT-AYAT SEMESTA