The Beauty of Limit, Pengobat Rindu Para Santri

Smatrensains.sch.id- (11/11) Bapak Trensains Indonesia hadir lagi kesekian kalinya. Kehadiran beliau yang telah dinanti banyak santri Trensains akhirnya terbayar. Ust. Agus Purwanto, D.Sc - penggagas konsep Trensains, menghadirkan materinya yang berjudul "The Beauty of Limit". Pukul 10:15 siang hari, beliau telah sampai di SMA trensains Tebuireng -Jombang.
Pengantar materi, beliau mengulas beberapa tentang pentingnya limit. Cabang ilmu kalkulus ini memang cukup menarik bagi para fisikawan teoritik. Beliau sendiri, memanglah seorang fisikawan teoritik yang konsen pada dengan kealaman berintegrasi wahyu. "Untuk menyiapkan siswa SMP menuju olimpiade fisika sma nantinya, gembleng saja dengan kalkulus. Tamatkan saja limit, diferensial juga integral"-ujar nya. Benar memang, cabang kalkulus ini mengisi tiap jengkal kehidupan manusia.
Menapak tilas konspirasi Flat Earth, Agus menyinggung kembali dengan interaksi limit. Sejauh 111,1 km, bumi tampak datar. Perolehan didapatkan dengan menghitung keliling bumi kemudian menjadikannya 1°. Pendekatan ini mudah saja diperhitungkan untuk menentang kembali konspirasi tersebut. Limit dengan mudah membuktikannya.
Fenomena lain yang menyinggung limit, QS Al-Insyiqaq (84:18). "saat berkendara dalam mobil sambil memperhatikan bulan purnama,seolah-olah bulan tersebut bergerak mengikuti pengendara. Limit ya itu. Bumi kita ini besar",tutur Agus.
Dari pukul 10:45 hingga waktu dhuhur,acara ini berlangsung baik.  Sebenarnya materi ini memang ditujukan kepada santri kelas 12. Mengikuti acara,santri kelas 10 & 11 terpaksa menyimak kajian yang diberikan. Tentu, santri kelas 10 & 11 ini dengan senang hati mengikuti kajian walaupun 'fifty-fifty'pemahamannya.
Respon penuh diberikan santri kelas 12 yang antusias menyimak kajian penuh wawasan ini. "Selain menambah ilmu, belajar kalkulus juga dapat meningkatkan kualitas berpikir. Berpikir itu skill yang perlu dilatih" ujar Abu Fadlol,M.Si - pengajar fisika SMA trensains sekaligus murid Agus di Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
…………………………………………………………………………………………………………
Pewarta    :  Tim Lensa Trensains
Publisher  :  Admin trensains