PROF. EFFENDY AKAN BERI KULIAH UMUM DI TRENSAINS PADA AWAL TAHUN 2018




smatrensains.sch.id-Trensains (Pesantren Sains) merupakan konsep baru dalam dunia pendidikan, dimana Al Qur’an  digunakan sebagai basis informasi dalam pembelajaran sains. Konsep inilah yang kemudian  mereformasi sistem pembelajaran yang telah ada. Jika sebelum pelajaran sains diajarkan terpisah dengan Al Qur’an, maka dengan adanya konsep baru ini setiap pelajaran sains diajarkan dengan mendialektikakan pelajaran tersebut dengan ayat-ayat kauniah.
Konsep Trensains  kemudian diimplementasikan dengan dibagunnya SMA Trensains Tebuireng, dimana sekolah ini  memiliki cita-cita untuk melahirkan generasi yang dapat  mengembangkan sains serta al Qur’an  digunakan sebagai basis pengembangannya, serta ayat-ayat kauniyah digunakan sebagai basis informasi dalam pembelajaran sains.
SMA Trensains Tebuireng didesain sedemikian rupa untuk menyediakan lingkungan bagi berkembangnya sikap ilmiah, berfikir logis-filosofis dalam  rangka untuk mengkaji  800 ayat kauniyah tentang sains kealaman  dengan berbagai fenomenanyaagar kedepan terbentuk karakter religius yang melekat pada setiap santri. Dengan demikian, di dalam penyelenggaraan pendidikannya,  sekolah perlu merancang program-program yang dapat membantu mencapai cita-cita sebagaimana di atas.
Salah satu program yang dirancang oleh SMA Trensains Tebuireng adalah program kuliah umum. Program ini merupakan program yang dirancang untuk memberikan tambahan ilmu kepada para santri, khususnya ilmu-ilmu terkait dengan sains dan terapannya, hasil-hasil riset  sains, dan juga tentang aplikasi pembelajaran sains. Program ini diselenggarakan empat kali dalam satu tahun yang dipandu oleh para parktisi, guru besar, dan juga para ilmuan sains kealaman, dalam rangka untuk mewujudkan tersedianya lingkungan bagi berkembangnya sikap ilmiah, berfikir logis-filosofis dalam  rangka untuk mengkaji  800 ayat kauniyah cita-cita SMA Trensains Tebuireng sebagaimana di atas.