Belajar Biologi Langsung di Alam Terbuka

smatrensains.sch.id— Belajar di alam terbuka dapat membantu siswa menyatu dengan alam sekaligus mempelajari alam sebagai bentuk edukasi.  Untuk itu siswa kelas X SMA Trensains melakukan observasi Biologi ke Kebun Raya Purwodadi Pasuruan Jawa Timur pada Senin (19/03/18). Dalam kegiatan yang dilakukan pasca pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) genap ini, para siswa didampingi oleh guru pengampuh, wali kelas dan pembina kamarnya.
Para siswa dapat belajar tentang berbagai macam spesies tumbuhan yang menghuni Kebun Raya Purwodadi. Di sana, mereka didampingi pengampuh lapangan menjelaskan tentang jenis, umur, sampai sifat-sifat biologis tumbuhan-tumbuhan yang ada. Pasalnya, kebun dengan luas sekitar 85 hektar ini, memiliki 11.000 spesimen tumbuhan, mulai dari tumbuhan lokal, hingga yang berasal dari luar negeri seperti, Belanda dan Madagaskar.
Salah satu siswa, Munaminatul, menjelaskan bahwa kegiatan ini, para siswa berkesampatan mengamati tumbuhan-tumbuhan yang ada. Mereka diminta untuk mengelompokkan tumbuhan berdasarkan jenisnya, ciri-cirinya dan juga nama latinnya.
“Banyak pohon-pohon baru dengan nama latinnya. Jadi kita bisa dapat pengetahuan baru. Jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan panorama ini,” tambah siswi kelas X asli Jombang itu  dengan wajah ceria.
Mengingat bahhwa kebun raya purwodadi sangat luas, lanjut Muna, panggilan akrabnya, pengelola wisata menyediakan jasa sewa sepeda. Para pengunjung bisa menikmati jasa tersebut dengan hanya merogoh kantong 10.000 saja.
Setelah puas menikmati alam dan flora di Kebun Raya Purwodadi, perjalanan mereka di lanjutkan menuju Masjid Cheng Ho di Pandaan Pasuruan. Para siswa menikmati arsitektur masjid yang ala Tionghoa. Selain menikmati arsitektur masjid yang sangat unik, para siswa juga dimanjakan denga kuliner-kuliner yang khas.
“Selain kita mengamati arsitektur yang indah, mata kita juga  dijernihkan dengan rentetan surga makanan. Kalian akan menemukan jajanan baru, yaitu jus jagung dan bakpao telo,” kata Arifa salah satu siswi kelas X-4. (Pewarta: Lintang)