Memasukki Ajaran Baru Pesantren Tebuireng 2 kedatangan Santri Baru SMP Sains



smatrensains-sch.id-Menjelang dimulainya kegiatan belajar mengajar  tahun pelajaran 2018/2019, hari ini (7/7) para santri baru beserta wali santri dan keluarga mulai berdatangan sejak pagi hari ke Pesantren Tebuireng 2.  Sebelum memasuki asrama, para santri diwajibkan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan kamar asrama. Selanjutnya, para santri tersebut didampingi oleh ustadz yang bertugas untuk diantar menuju asrama masing-masing.

Bagi Pesantren Tebuireng 2, tahun ini merupakan tahun yang special. Pasalnya tidak hanya santri baru SMA Trensains yang mulai berdatangan, tetapi juga santri SMP sains yang juga menempati asrama-asrama di komplek Pesantren Tebuireng 2. Berdasarkan data yang ada, jumlah santri baru yang akan menuntut ilmu di Pesantren Tebuireng 2, tahun ini hampir mencapai 200 orang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Pesantren Tebuireng 2 atau yang lebih dikenal dengan nama Trensains (Pesantren Sains) merupakan satu dari dua pesantren yang mengusung proyek peradaban. SMA Trensains Tebuireng merupakan lembaga pendidikan setingkat SMA yang mengimplementasikan gagasan proyek peradaban tersebut, dimana Al-Qur’an dipakai sebagai pondasi dasar dan basis konstruksi dalam pengembangan sains kealaman (natural science). Gagasan tersebut kemudian diaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran. Sementara SMP Sains Tebuireng yang dibuka pada tahun ini, kedepan diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang memiliki spesifikasi (standar) khusus yang nantinya dapat memenuhi kebutuhan santri baru SMA Trensains, walaupun dalam penyelenggaraan pendidikannya tidak menggunakan konsep Trensains (Pesantren Sains) sebagaimana yang telah diterapkan di SMA Trensains Tebuireng.

Sementara itu, pertemuan wali santri baru SMA Trensains Tebuireng dengan pimpinan sekolah baru jadwalkan pada besok pagi (8/7) di Aula Lantai 3 Gedung Yusuf Hasyim Pesantren Tebuireng. Namun sebelumnya  para wali santri  tersebut diwajibkan mengikuti agenda pertemuan wali santri bersama pengasuh Pesantren Tebuireng di Majid Ulil Albab Pesantren Tebuireng yang dijadwalkan pada pukul 07.00 Wib. Dalam kesempatan tersebut, rencananya para wali murid santri baru SMA Trensains Tebuireng akan dipaparkan program-program inovasi, profil sekolah, dan juga aturan dan tata tertib santri oleh pimpinan SMA Trensains Tebuireng. Harapannya dengan pemaparan tersebut, para wali santri lebih memahami dan mengenal lebih dekat dengan SMA Trensains Tebuireng. Sementara itu,  pertemuan wali santri dari SMP Sains akan dilaksanakan di Perpustakaan A. Wahid Hasyim Pesantren Tebuireng.

Dengan kehadiran unit baru di Pesantren Tebuireng 2 ini, segenap pimpinan SMA Trensains Tebuireng meyambut baik dan berharap unit ini akan berkembang dengan baik, memiliki prestasi yang baik,  dan dapat mencetak generasi yang militan dan berakhlaqul karimah sebagaimana yang dicita-citakan oleh Pesantren Tebuireng. (/Admin).