Pesantren Tebuireng 2 Peringati HUT Republik Indonesia Ke-74


www.smatrensains.sch.id-Untuk memupuk sikap  patriotisme dan nasionalisme  dikalangan para santri, Pesantren Tebuireng 2 menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia ke-74 pada Sabtu pagi (17/8/19). Upacara memperingati hari kemerdekaan ini berjalan dengan khidmat dan lancar. Mudir pendidikan Pesantren Tebuireng H. Kusnadi Said, SH.M.Si. menjadi inspektur upacara yang bertempat di halaman SMP Sains Tebuireng.

Hal yang wajib dalam setiap upacara adalah pengibaran sang saka merah putih. Karena hal itu tentu saja pasukan pengibar bendera yang menjadi sorotan. Dalam hal ini, Pasukan yang terdiri dari 25 orang siswi SMA Trensains Tebuireng dan 8 diantaranya adalah pasukan inti dalam pengibaran bendera.

Kami berusaha menampilkan yang terbaik, meski latihannya hanya dalam kurun waktu yang singkat dan latihan gabungan upacara  hanya dilakukan dua kali.yang membina kami adalah bapak Tendika.” Tutur Nadia Saffana salah satu pasukan pengibar bendera SMA Trensains Tebuireng.

Menurutnya, sebagai pasukan pengibar bendera memiliki peran penting dalam upacara tentu memiliki rasa bangga tersendiri. tidak dipungkiri meskipun pada awalnya  khawatir tetap ada pada diri mereka. Mereka mulai latihan sejak satu pekan sebelum hari kemerdekaan. Usaha yang dilakukan pasukan pengibar beendera ternyata tidak mengecewakan hasil. Usai mengibarkan sang saka, ragam apresiasi berdatangan pada mereka.

“Penampilan kalian bagus, paling bagus diantara tahun-tahun sebelumnya.Karna belum ada pasukan pengibar paling banyak dan bagus seperti kalian di Trensains.” puji Tendika pada pasukan pengibar bendera.

Berikutnya, hal terpenting dalam upacara memperingati kemerdekaan adalah proklamasi. “Untuk teks proklamasi saya butuh usaha yang cukup keras, karna saya kesulitan dalam cara pembacaannya. Nyatanya pembacaan proklamasi berbeda dengan pembacan teks pembukaan Undang-Undang Dasar.” Ungkap Sabila selaku pembaca teks proklamasi dalam upacara HUT RI ke74. Membaca proklamasi bukanlah suatu hal yang mudah. Diperlukan penghayatan untuk membaca Proklamasi. Agar menimbulkan jiwa patriotik pada peserta upacara.     

........................................
Pewarta: Ila & Hawa
Publisher : Admin