Survey Audit Tahunan ISO: Trensains ke Arah Mutu yang Lebih Baik



www.smatrensains.sch.id-SMA Trensains Tebuireng telah menerima ISO 9001:2015 pada bulan mei tahun lalu melalui Badan Sertifikasi Equal Assurance yang berpusat di Perth, Australia Barat. ISO sendiri merupakan pendekatan proses suatu lembaga yang tidak memiliki dampak bagi lingkungan maupun pihak luar, tetapi memiliki manfaat lain. Sekolah yang berada dibawah naungan Yayasan Hasyim Asyari ini menerima kunjungan dari Equal Assurance sebagai bentuk survey audit pengawasan tahunan ISO 9001:2015 pada Senin 29/06.

Hasil Survey tahunan dari Equal Assurance, terdapat banyak pengembangan yang dilakukan SMA Trensains Tebuireng ditengah pandemi Covid-19 berupa langkah pencegahan, penanganan serta perencanaan kedepan (tahun ajaran baru). Secara umum SOP standart target sekolah yang dilakukan termonitor baik seperti yang disampaikan Fajar Novanto, Auditor Equal Assurance

"Dari evaluasi yang sudah ada, banyak pengembangan yang dilakukan SMA Trensains di masa pandemi Covid-19 seperti adanya langkah pencegahan, penanganan, dan perencanaan kedepan. Secara umum SOP standart target sekolah yang telah dilakukan review sekolah, wali murid/santri, warga sekitar termonitor baik dan sebagai branding sekolah, ISO menjadi motivasi dari civitas, dewan guru untuk lebih baik dan menerima masukan dari pihak luar.

Pesan yang ia sampaikan untuk Trensains diharap untuk reaktif, proaktif, dan inofativ karena dengan adanya pandemi semua organisasi harus tanggap cepat serta tepat atas penanggulangan dan pengendalian agar program-program yang ada tetap berjalan dengan baik. Selain itu, SMA Trensains diharapkan menjadi sekolah unggulan nasional bahkan internasional dan memiliki output yang baik dengan diterimanya para santri di Perguruan Tinggi lokal dan Internasional untuk mendapatkan pola pendidikan serba baik dalam bidang agama dan umum.

“Adanya ISO menjadi branding tersendiri bagi lembaga, SMA Trensains akan setara kualitasnya dengan lembaga-lembaga lain yang telah tersertifikasi terlebih dahulu baik di dalam maupun luar negeri. Dengan adanya ISO  artinya ada pembiasaan kerja secara sistematis,  kebiasaan baru,  dan disiplin baru bagi seluruh warga sekolah untuk mendukung target lulusan yang dirumuskan oleh pendiri dan penggagas Trensains (output dan outcome)” ungkap Civitas Trensains, Abdul Ghofur saat diwawancarai melalui pesan singkat WhatsApp.

Selanjutnya ia menuturkan langkah yang diambil Trensains di tahun ajaran baru mendatang dengan membuat progam KBM dengan prinsip taat protokol kesehatan  sebagaimana yang dirancang oleh tim satgas Covid-19 Pesantren Tebuireng 2 serta melakukan persiapan yang matang untuk KBM moda daring,  antara lain menyiapkan infrastruktur yang ada disekolah terkait dengan kebutuhan sarana dan prasarana,  menyiapkan aplikasi seperti Quipper,  Google Classroom maupun aplikasi yang dibuat sendiri yaitu aplikasi chem learning.


..........................

Pewarta        : Salma, 

Sumber : 

https://tebuireng.online/survey-audit-tahunan-iso-trensains-ke-arah-mutu-yang-lebih-baik/