Makna Dibalik Pengukuhan Guru Besar Sang penggagas Trensains


smatrensains.sch.id-Penggagas SMA Trensains Tebuireng, Prof. Agus Purwanto, D.sc , telah di kukuhkan sebagai guru besar pada 25 November 2020. Sebelumnya beliau adalah aktivis dakwah sekaligus dosen Instituk Teknologi Sepuluh Nopember yang telah menyelesaikan studi doktornya di Universitas Hiroshima Jepang.

Gus Pur, begitu sapaan akrabnya telah membawa pengaruh besar terhadap penyelenggaraan pendidikan di SMA Trensains Tebuireng. Pasalnya para santri selalu diajak bernalar secara ilmiah, kritis, dan filosofis dengan harapan lahirnya generasi yang luar biasa umat umat Islam. Dengan keteladanan yang selalu beliau contohkan, tak jarang warga Trensains menyebutnya sebagai Kyai Sains.

“Beliau adalah pribadi yang berkomitmen tinggi, disiplin ,ikhlas ,dan pantang menyerah. Beliau ibarat memungut debu untuk menghasilkan gunung, sehingga apa yang diusahakannya sedikit demi sedikit dapat terlaksana, terutama dalam usahanya merintis dan membangun SMA Trensains Sragen. Hal ini mengajarkan kepada kita, bahwa banyak sifat-sifat yang layak kita teladani” tutur Ustadz Abdul Ghofur, Waka sarana prasarana dan guru kimia SMA Trensains Tebuireng.

“Dengan diterbitkannya buku Ayat Ayat Semesta dan didirikan SMA Trensains merupakan hal yang sangat mendasar dalam membangun kesadaran umat akan pentingnya ayat ayat kauniyah dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kini seakan terlupakan. Disisi yang lain, capaian Guru Besar yang telah diperoleh sang pengagas Trensains tentunya menjadi kebanggaan dan inspirasi tersendiri bagi seluruh santri Trensains untuk selalu berkerja keras dalam mewujudkan segala impian, sementara itu bagunan keteladanan yang beliau contohkan tentunya dapat memicu semangat bagi para santri, sehingga mereka menjadi umat islam yang akan kembali unggul dalam capaian ilmu pengetahuan dan teknologi. Itulah makna dibalik pengukuhan guru besar sang pengagas Trensains.” lanjut tutur Ustadz Ghofur.

…………………………

Tim Go-Pro 2020