Prof. Agus di Mata Asatid dan Santri SMA Trensains Tebuireng




Prof. Agus di Mata Asatid dan Santri SMA Trensains Tebuireng

Oleh : Aufa dan Syafhira*                                                                         

Penggagas Trensains kini resmi menyandang gelar profesornya pada hari Rabu tanggal 25 November 2020 bersamaan dengan diangkatnya beliau menjadi guru besar ITS (Institut Teknologi Sepuluh November), beliau adalah Prof. KH. Agus Purwanto, D.Sc.

“Guru besar merupakan pencapaian tertinggi dari seorang akademisi.” terang Ustad Abdul Ghofur, wakil kepala sekolah SMA Trensains Tebuireng bidang Sarpras. Agus Purwanto adalah seorang akademisi yang memiliki fokus di bidang Fisika Teoritik, beliau mulai berkecimpung di dunia pendidikan sejak tahun 1989 dengan menjadi staf pengajar di Jurusan Fisika FMIPA Institut Teknologi Sepuluh November. Didukung dengan pengalaman serta terpenuhinya syarat menjadi guru besar maka pada tahun ini beliau resmi menjadi satu diantara guru besar ITS.

“Perjuangan beliau jadi guru besar dimulai sejak tahun 2011, beliau merupakan kepala lab fisika teori, beliau ngajarnya fisika kuantum, kalau mengajar beliau lebih suka dengan  cerita.” tutur Ustazah  Philin, guru fisika SMA Trensains Tebuireng dan alumni ITS.

“Pak Agus itu orangnya ramah, tidak pelit ilmu, baik, supel, suka bercanda sederhana dan memiliki tujuan yang luhur.” ujar Ustad Fachri, guru Astrofisika SMA Trensains Tebuireng. Satu diantara tujuan yang dimaksud yaitu mewujudkan sains yang berlandaskan islam. Bukti dari kesungguhan beliau adalah menggagas SMA Trensains Tebuireng dan mendirikannya bersama Dr. (H.C) Ir. KH. Salahuddin Wahid (Alm).

“Pak Agus itu pemikirannya kritis, berkembang, dan  diluar jangkauan.” ungkap satu diantara santri putri kelas 12 SMA Trensains Tebuireng.

“Parah sih, keren banget! Saya sebagai santri yang sekolah di SMA Trensains Tebuireng merasa bangga karena dapat bersekolah di hasil buah pikiran beliau, beliau cerdas, open minded, kreatif serta sangat menginspirasi khususnya bagi saya.” Ujar Ifah, santri kelas 11 SMA Trensains Tebuireng.

Dengan ini kami mengucapkan selamat terhadap Sang Penggagas atas pengangkatan beliau sebagai guru besar ITS dan diharapkan dapat menjadi inspirasi para asatid serta santri SMA Trensains Tebuireng.

………………………………

*Santri SMA Trensains Tebuireng