Bulan Suci Ramadhan Tiba, Santri Giatkan Ibadah

smatrensains.sch.id-Setahun lamanya menunggu, kini bulan mulia yang dinanti-nanti telah tiba. Pada 13 April 2021, santri SMA Trensains Tebuireng bersuka cita menyambut kedata ngan bulan suci Ramadhan. Walaupun pekan Penilaian Akhir Tahun (PAT) sedang berlangsung, hal itu tidak menyurutkan semangat santri untuk menyemarakkan bulan Ramadhan yang mulia dengan beribadah.

Semangat itu dapat diketahui dari lantunan ayat suci Alquran yang semakin sering terdengar di bulan ini. Begitu pula dengan masjid Shalahuddin Al-Ayyubi yang makin penuh oleh santri yang beri’tikaf. Pada malam hari, santri giat beribadah dengan melaksanakan shalat Tarawih 20 rakaat ditambah 3 rakaat witir secara berjamaah, lalu dilanjutkan dengan belajar mandiri untuk persiapan PAT keesokan harinya. Pada siang hari santri berpuasa. Pelaksanaan PAT serta berbagai kegiatan pondok tidak menyurutkan semangat santri untuk terus berpuasa, menahan diri dari segala hawa nafsu.

Salah satu kegiatan bulan Ramadhan yang diadakan Pondok Pesantren Tebuireng 2 adalah pengajian kitab kuning tiga kali dalam sehari. Yang pertama adalah pengajian kitab Bulughul Maram pada pagi hari sebelum pelaksanaan shalat Dhuha, lalu pengajian kitab Kasyful Ghammah setelah Ashar, dan pengajian kitab Risalah Jami’ah Al-Maqashid setiap ba’da Maghrib. Dengan mengkaji kitab-kitab tersebut, santri diharapkan dapat mendapat barakah lebih pada bulan suci ini, juga mendapatkan ilmu mengenai hukum-hukum fikih, akhlak, dan hal-hal lain yang menjadi bahasan kitab.

“Ngaji kitabnya tambah banyak, lauk jabonya juga makin enak.” Papar Rahma mengenai perbedaan signifikan antara keadaan sebelum dan saat berlangsung bulan Ramadhan.

“Ramadhan kali ini berkesan karena tahun kemarin kita puasa Ramadhan di rumah akibat adanya virus Covid-19.” Jelas Aisy, santri kelas 11.

“Paling seru ngaji kitab Kasyful Ghammah yang diampuh Ustad Halim. Tapi sepertinya akan lebih seru lagi kalau bulan Ramadhan ini tidak dibarengi PAT, karena aka nada lebih banyak waktu untuk ibadah.” Tambah Aisy.

Bulan Ramadhan memiliki banyak dampak positif untuk santri SMA Trensains Tebuireng. Santri menjadi lebih giat dalam urusan ibadah karena tidak ingin menyia-nyiakan keutamaan bulan Ramadhan yang suci nan mulia.

Pewarta: Arina (Tim Go-Pro 2021)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *