Pentingnya Ilmu Langit

Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, perlu dilakukan upgrading pada hal hal yang perlu dipelajari oleh siswa. Itu penting untuk dilakukan, karena bangsa yang maju adalah bangsa yang terus mengembangkan pendidikannya. Ilmu astronomi adalah simbol kemajuan peradaban, sekaligus menjadi suatu tolak ukur kesadaran manusia atas eksistensinya di dalam kemegahan alam semesta. Maka penting bagi generasi penerus bangsa untuk mendapatkan suatu pelajaran yang dapat memunculkan gairah dan rasa ingin tahu akan ilmu tersebut. Berkaitan dengan hal tersebut, SMA Trensains mengembangkan kompetensi-kompetensi astronomi dalam  bidang kajian astrofisika dalam kurikulum semesta (kurikulum khas Trensains).


Manusia telah mempelajari langit sejak kali pertama hadir di dunia ini. Leluhur kita mengamati bintang untuk mengetahui musim, sehingga mereka dapat tahu kapan waktu terbaiik untuk menanam benih, memanennya, atau berburu binatang. Nelayan memanfaatkan pasang surut air laut yang dipengaruhi bulan untuk mendapakan penghasilan. Rasi bintang digunakan sebagai navigasi bagi para pengelana lautan. Bahkan hingga kini, kita banyak memanfaatkan sinar-sinar kosmik dari langit untuk kehidupan.


Sejatinya, manusia banyak sekali mengandalkan ilmu langit dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan untuk mengetahui suatu tanggal dan hari pun diperlukan pengetahuan mengenai rotasi dan revolusi bumi terhadap matahari. Kegunaan ilmu-ilmu tersebut kini sudah menjadi kebiasaan yang konstan sehingga acap kali kita abaikan. Namun, kadang kali muncul beberapa pertanyaan di kepala. Bagaimana bintang-bintang terbentuk ? Berapa usia alam semesta ? Atau Mengapa bulan bisa tetap mengorbit bumi tanpa tertarik gravitasi bumi lalu menabraknya ?.


Pertanyaan kritis yang muncul di luar kebiasaan-kebiasaan konstan itulah yang dibutuhkan oleh bangsa ini. Karena, dasar dari pengetahuan adalah rasa ingin tahu. Maka, dibutuhkan suatu pelajaran yang akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan membahas ketiga hukum Keppler, Relativitas Einstein, atau Teleskop Hubble. Juga mempelajari hal-hal yang tidak kalah menarik lainnya seperti paralaks bintang, dilatasi waktu, dan teori alam semesta mengembang.


Islam menuntut kita untuk tidak hanya menjadi manusia yang berakhlak, namun juga berakal. Dalam surat Ali Imran ayat 190 dijelaskan bahwa orang yang berakal adalah ia yang mempelajari tanda-tanda langit.

اِنَّ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَاخْتِلَافِ الَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَاٰيٰتٍ لِّاُولِى الْاَلْبَابِۙ

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal,”

Karena itu, sudah jelas ilmu apa yang harus dipelajari oleh generasi penerus bangsa ?.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *