Ujian Saat Ramadhan, Santri Harus Pintar Mencari Waktu Belajar

smatrensains.sch.id-[24 April 2021] Terhitung sudah lebih dari satu minggu sejak tanggal 13 April 2021 SMA Trensains Tebuireng melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) bagi santrinya. PAT yang pada tahun ini dilaksanakan sejak tanggal 13 – 22 April 2021 merupakan agenda wajib SMAT yang harus dilakasanakan sebelum pembagian rapot. Adanya PAT ini bertujuan untuk melihat sejauh mana pencapaian santri selama satu tahun ini. Adapun peserta PAT kali ini meliputi santri kelas 10 dan 11, karena santri kelas 12 telah dinyatakan lulus pada 7 April 2021 lalu. Total ruangan yang digunakan untuk ujian, yang mana meliputi ruang kelas santriwan dan santriwati.

Sampai hari ini, pelaksanaan PAT tampak lancar sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya. Namun, tetap saja terdapat kebiasaan yang menjadi pembeda dari pelaksanaan PAT sebelum adanya pandemi.

“Sekarang kan ujiannya harus pakai masker, terus waktu untuk belajar juga sedikit berkurang karena PAT kali ini dilaksanakan saat Ramadhan, jadi jadwalnya padat dan kita juga diminta buat selalu istirahat yang cukup.” Papar Aufa, salah seorang santriwati.

Protokol Kesehatan yang harus selalu diterapkan memang sedikit memberatkan bagi santri. Namun, karena semua protokol Kesehatan telah menjadi kebiasaan baru di era pandemi, santri pun seolah sudah terbiasa dengan itu semua.

PAT tahun ini bertepatan dengan jatuhnya bulan Ramadhan, sehingga selain berpuasa, santri juga harus pintar membagi waktu untuk belajar di sela-sela kegiatan Ramadhan yang padat. SMA Trensains Tebuireng yang sangat mengutamakan kejujuran juga memiliki solusi unik untuk menindak santri yang mengerjakan ujian dengan tidak jujur. Solusi tersebut yaitu dengan menyediakan kursi kejujuran yang dilengkapi dengan spanduk bertuliskan “Disini Tempat Ujian Bagi Para Santri Yang Tidak Jujur Dalam Mengikuti Ujian.” Yang berada diujung koridor lantai dasar. Bagi santri yang mengerjakan ujian dengan tidak jujur akan dipinta untuk mengerjakan ujiannya di kursi tersebut. Dengan adanya kursi kejujuran, SMA Trensains Tebuireng berharap tidak akan ada santri yang berani bertindak tidak jujur dengan ujian, karena pada dasarnya, jujur merupakan salah satu kunci dari kesuksesan seseorang. Menariknya sampai sejauh ini kusi tesbut tetap kosong, artinya seluruh santri telah mengedepankan kejujuran saat mengikuti agenda PAT.

Adapun mata pelajaran yang diujikan yaitu MIPA, Bahasa Indonesia, Bahasa inggris, Bahasa Arab, PPKN, PAI, PKWU, Sejarah, Geografi, seni budaya dan mata pelajaran khas Trensains seperti; Filsafat, Alquran dan sains serta Astrofisika untuk kelas 11, Falak dan Astrofisika untuk kelas 10.

Pewarta: Khatrin (Tim Go-Pro 2021)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *