PROFIL SMA TRENSAINS TEBUIRENG

 

A. Profil

SMA Trensains Tebuireng merupakan  salah satu unit pendidikan  di Pesantren Tebuireng yang didirikan oleh Dr. (HC). Ir. KH. Salahuddin Wahid (pengasuh Pesantren Tebuireng periode VII). Berdirinya lembaga pendidikan ini dilatarbelakangi adanya keinginan luhur untuk mencetak generasi yang unggul dalam bidang sains kealaman, yaitu generasi yang dapat menjadikan Al Qur'an sebagai basis epistemologi dalam pengembangan sains, dan juga generasi yang memiliki kedalaman filosofis serta keluhuran akhlaq. Untuk itu, Pesantren Tebuireng bekerja sama  dengan Prof. Agus Purwanto, D.Sc., ilmuwan bidang fisika teoritik Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang tidak lain adalah penggagas konsep Pesantren Sains (Trensains). Lembaga pendidikan ini kemudian diresmikan pada tanggal 23 Agustus 2014 oleh Menteri Agama RI, H. Lukman Hakim Saifuddin. 

Sebagaimana namanya, lembaga pendidikan ini menerapkan konsep “Trensains” dalam penyelenggaraan pendidikannya. Trensains merupakan konsep pesantren yang disintesakan dengan Sekolah Menengah Umum yang bertujuan untuk mengkaji sains kealaman secara mendalam, baik melalui pembelajaran, penelitian ilmiah maupun percobaan-percobaan ilmiah yang mengacu pada 800 ayat kauniyah. Sementara itu, dilihat dari konsep sekolah, lembaga pendidikan ini merupakan sekolah yang tidak menggabungkan materi pesantren dengan ilmu umum sebagaimana pesantren modern. Trensains mengambil kekhususan pada pemahaman Al Qur'an, Al Hadist, dan Sains kealaman (natural science) serta interaksinya. Poin terakhir, interaksi antara agama dan sains merupakan materi khas Trensains yang tidak ada pada sekolah-sekolah di pesantren modern.

SMA Trensains Tebuireng merupakan lembaga pendidikan yang mengimplementasikan gagasan konsep Prof. Agus Purwanto, D.Sc sebagaimana uraian di atas dalam wacana perkembangan islamisasi ilmu kontemporer dengan menempatkan ayat-ayat Al Qur’an sebagai sumber ilmu pengetahuan (epistemologi ilmu), sedangkan pengembangan kurikulum SMA Trensains diarahkan untuk memfasilitasi gagasan tersebut pada tataran implementasi, serta diarahkan untuk mewujudkan amanat undang-undang sebagaimana yang tercantum dalam Undang-undang Nomor 20 tahun 2003.

Tenaga pendidik SMA Trensains Tebuireng mayoritas berasal dari PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang terdiri dari lulusan strata satu (S-1), magister  (S-2), serta kandidat doktor. Semua tenaga pendidik tersebut mendapatkan bimbingan langsung dari penggagas Trensains, sedangkan pada bidang pengembangan pembelajaran,  seluruh tenaga pendidik tersebut mendapatkan bimbingan langsung dari Konsultan Ahli bidang kurikulum SMA Trensains Tebuireng, Prof. Dr. H. Suyono, M.Pd. (Guru besar bidang miskonsepsi pembelajaran Universitas Negeri Surabaya),  serta arahan langsung dari Mudir Bidang Pendidikan dan Penjamin Mutu Pendidikan Pesantren Tebuireng. 

 

B. Tujuan

Secara umum bahwa tujuan pelaksanaan pendidikan di SMA Trensains Tebuireng yaitu meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlaq mulia, keterampilan untuk hidup mandiri, serta para santri diharapkan dapat mengikuti pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dengan penguasaan ilmu dasar yang matang. Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, namun secara lebih rinci SMA Trensains Tebuireng memiliki tujuan khusus sebagai berikut:

1. Meningkatkan wawasan para santri  melalui pengkajian yang mendalam, penelitian ilmiah, dan percobaan-percobaan ilmiah.

2. Meningkatkan keterampilan para santri dalam bidang bahasa, pemanfaatan ilmu fisika, kimia, biologi, astronomi, dan sebagainya, dalam rangka memahami dan membuka rahasia-rahasia alam semesta.

3. Meneguhkan sikap akan kemaharajaan Allah SWT yang telah menciptakan alam semesta beserta seluruh isinya melalui pendekatan fisika, kimia, biologi dan ilmu pengetahuan lainnya, sehingga para santri  paham dengan benar bahwa Allah SWT menciptakan segala sesuatu tanpa sia-sia, seluruh makhluk bermanfaat bagi yang lain dan merupakan sinergitas yang sangat harmonis dan padu.

 

C. Kurikulum

Kurikulum SMA Trensains Tebuireng yang selanjutnya disebut “kurikulum semesta” merupakan unifikasi dari kurikulum nasional, internasional (perluasan), dan kurikulum Muatan Kearifan  Pesantren Sains (MPKPS). Kurikulum Semesta merupakan kurikulum yang dikembangkan oleh tim pengembang kurikulum SMA Trensains Tebuireng bersama penggagas Trensains dan Tim pengembang kurikulum dari FMIPA UNESA. Secara umum bahwa kurikulum semesta merupakan hasil adapt-adop dari ketiga kurikulum tersebut, dimana kurikulum semesta menitikberatkan pada pemahaman Al Qur’an dan sains, serta interaksi diantara keduanya pada setiap aktivitas pembelajarannya.

Kompisisi mata pelajaran pada kurikulum semesta yang diterapkan di SMA Trensains terdiri dari kelompok mata pelajaran utama (sebagaimana dalam kurikulum nasional) dan kelompok Mata Pelajaran Kearifan Pesantren Sains (MPKPS) atau yang dikenal sebagai tool of trensains. MPKPS merupakan mata pelajaran yang didesain untuk memperkuat kompetensi siswa terutama untuk mewujudkan Visi dan Misi sekolah. Mata pelajaran ini disusun berdasarkan kompetensi kearifan Pesantren Sains yang terlembagakan dalam mata pelajaran astrofisika, filsafat sains, PAI (ulumul qur'an, tafsir), dan ALS (Al Qur’an dan Sains). Walaupun menerapkan konsep “Kurikulum Semesta”, namun dalam tata administrasinya SMA Trensains Tebuireng mengikuti tata aturan dinas (kurikulum 2013).

 

C. Profil Lulusan

Profil lulusan Trensains tebuireng antara lain:

1. Fasih membaca Al Qur’an  dengan hafalan beberapa ayat-ayat pilihan (kauniyah),

2. Lancar berbicara dalam bahasa inggris dan memiliki skor TOEFL,

3. Lancar berbicara dan membaca Teks Arab,

4. Menguasai sains dan memahami interaksi antara agama dan sains.

Selain itu SMA Trensains Tebuireng memproyeksikan para alumnusnya untuk tembus di berbagai perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri pada bidang-bidang sains agar kedepan menjadi ilmuwan sains kealaman, teknolog, dan dokter yang mempunyai basis Al Qur’an yang kokoh.

 

D. Prestasi

Walaupun termasuk lembaga pendidikan yang baru berdiri, dalam perjalanannya SMA Trensains Tebuireng telah meraih banyak prestasi  dalam berbagai bidang mulai dari tingkat regional, nasional, hingga tingkat internasional. Baik dalam bidang olimpiade, LKTI, maupun bidang non akademik. Sementara itu, para alumninya banyak yang diterima di berbagai PTN ternama seperti ITB, UI, UGM, ITS, IPB, dll. Bahkan beberapa alumninya juga tembus di beberapa perguruan tinggi luar negeri. Hal ini dikarenakan SMA Trensains Tebuireng selalu melakukan pengembangan program-program sekolah, utamanya untuk meningkatkan mutu lulusan.

 

VIDEO PROFIL SMA TRENSAINS TEBUIRENG

  1. 1. Mengapa Kita Harus Bertrensains?

2. Bagaimana Sejarah Berdirinya Trensains Tebuireng?

3. Bagaimana Perjalanan SMA Trensains Tebuireng Dan Prestasinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *