Semarak Peringatan Harlah SMA Trensains Tebuireng Ke-7

Pewarta: Khatrin Nada Arika

www.smatrensains.sch.id-21/08/2021 Agustus merupakan bulan yang sangat bersejarah dalam benak seluruh warga Indonesia. Di bulan Agustus ini, warga SMA Trensains Tebuireng tidak hanya memperingati HUT RI, namun juga memperingati hari lahir SMA Trensains Tebuireng. Tujuh tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 23 Agustus 2014, SMA Trensains Tebuireng resmi berdiri di Kecamatan Ngoro, atas gagasan Prof. Dr. Agus Purwanto dan KH. Sholahuddin Wahid. Maka dari itu, hari ini diadakan acara peringatan harlah SMA Trensains Tebuireng sekaligus peringatan HUT RI yang bertempat di Masjid Sholahuddin Al-Ayyubi. Karena dalam suasana pandemi dan masih diberlakukannya PPKM, acara ini digelar dalam balutan kesederhanaan. Tentunya dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.  

Meskipun digelar dengan segala kesederhanaannya, acara peringatan ini tetap berkesan seperti tahun-tahun sebelumnya karena dihadiri oleh para asatidz dan sebagian santri SMA Trensains. Acara ini juga semakin berkesan karena kehadiran Sang Penggagas Trensains yaitu Prof. Dr. Agus Purwanto. Dikatakan hanya sebagian santri SMA Trensains karena sebagian santri kelas XI dan beberapa santi kelas XII belum kembali ke pondok.

Walaupun acara peringatan ini digelar mendahului tanggal peresmiannya, yaitu pada 23 Agustus, namun tentu saja hal ini tidak menyurutkan keantusiasan para hadirin dalam mengikuti setiap sesinya. Acara tahunan ini dimulai dengan pembukaan yang dibawakan oleh dua orang MC dari santri putra. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh salah seorang santri putri. Susunan acara selanjutnya yaitu sambutan yang dibawakan oleh Ustadz A. Rofiq, Kepala Sekolah SMA Trensains Tebuireng. Setelah sambutan singkat tersebut, tibalah semua hadirin dalam puncak acara, yaitu peringatan harlah SMA Trensains Tebuireng. 

Dalam puncak acara, dibunyikan sirine sebagai tanda peringatan, lalu pelepasan balon simbolik yang disertai dengan kain bertuliskan 'Harlah SMA Trensains Tebuireng ke-7'. Setelah pelepasan balon yang disaksikan oleh seluruh hadirin, dikumandangkan lagu Indonesia Raya, Hymne Tebuireng, serta Mars SMA Trensains Tebuireng. Selain itu, Prof. Dr. Agus Purwanto juga menyampaikan cerita singkat tentang perjalanan singkat SMA Trensains Tebuireng mulai dari gagasan yang timbul, awal pembangunan, hingga bisa seperti saat ini. Bahakan dalam cerita singkat tersebut juga disampaikan permasalahan-permasalahan yang timbul dari gagasan Trensains ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *