Kunjungan UNESA dalam Rangka Pengabdian Kepada Masyarakat

smatrensains.sch.id-Universitas Negeri Surabaya yang dikenal dengan nama UNESA merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang telah bekerjasama dengan SMA Trensains sejak lama. Adanya kerjasama tersebut membuat UNESA sering berkunjung atau bertamu ke SMA Trensains yang sudah dianggap sebagai keluarga sendiri, seperti hari ini, Sabtu 9 Oktober 2021, SMA Trensains kembali mendapatkan kunjungan dari pihak UNESA dalam rangka Pengabdian Kepada Masyarakat atau PKM. PKM ini diadakan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA yang meliputi jurusan Pendidikan Luar Sekolah dan Psikologi dalam rangka tridharma. Adapun tema yang dibawakan yaitu self management strategy yang dianggap cocok untuk peserta seminar yaitu kelas XII. 

Acara seminar ini dibuka dengan bacaan surat Al-Fatihah oleh seluruh hadirin, dilanjutkan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh santri putra. Kemudian hadirin diminta berdiri untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya dan hymne Tebuireng.  

Dr. Wiwin, M.Pd, selaku ketua PKM turut memberikan sambutan dalam acara ini. Bu Wiwin yang merupakan dosen prodi pendidikan luar sekolah, tidak lupa juga memperkenalkan kedua rekannya yang turut andil. Selain dua rekannya, Bu Wiwin juga datang bersama dengan dua mahasiswa UNESA yang tengah dalam masa skripsi. Adapun dua mahasiswa tersebut yaitu berasal dari jurusan psikologi dan teknik elektro.  

Sambutan selanjutnya yaitu dibawakan oleh Ustadz A. Rofiq selaku kepala sekolah. Beliau menuturkan bahwasanya dalam acara ini, santri harus meniatkan betul karena materinya berkenaan dengan cara mengatur diri. 

Susunan acara selanjutnya yaitu penutup dan do'a yang dipimpin oleh Ustadz Umbaran. Setelah itu, Ustadzah Linda selaku pembawa acara mempersilahkan Meita Santi Budiani, S.Psi, M.Psi, untuk membawakan materi terkait self management strategy. Sebelum Bu Meita memaparkan materi, beliau terlebih dahulu mempersilahkan Khansa, mahasiswa psikologi, untuk membukanya dengan yel-yel. Adapun yel-yelnya yaitu 'management diri' yang diikuti oleh gerakan-gerakan. Peserta seminar yang sebelumnya kurang bersemangatpun akhirnya ikut terbawa suasana saat Khansa memimpin yel-yelnya.

Seminar berlangsung dengan lancar. Selain mendapatkan pengetahuan baru, santri peserta seminar juga mendapatkan souvenir dari pihak UNESA berupa bolpoin, tote bag, dan stiker.

Leave a Reply

Your email address will not be published.